Jumat, 05 Juni 2009

PARADIGMA BARU DALAM MANAGEMEN KOLAM IKAN

Anda punya kolam ikan? Punya masalah dengan kolam ikan seperti tingginya angka kematian, penggantian air kolam yang melelahkan dengan resiko bengkaknya biaya operasional, atau biaya kebutuhan pakan yang melambung.

Anda butuh solusi?

IKUTI...........

PELATIHAN PERTANIAN TERPADU
"PARADIGMA BARU DALAM MANAGEMEN KOLAM IKAN"

- Anda dapat belajar bagaimana memperbaiki ekosistem air kolam. Dengan ekosistem kolam yang hidup, air kolam tidak perlu diganti mulai dari menabur bibit sampai panen, angka kematian yang limit serta turunnya kebutuhan pakan (kosentrat).
- Bagi anda pemain baru di dunia kolam ikan, pelatihan ini menjadi tempat anda belajar bagaimana memanagemen kolam ikan.
- Bagi anda yang ingin mengisi waktu dengan kegiatan produktif, terutama mereka yang memasuki masa purna tugas atau pensiun, pelatihan ini menjadi penting dimana anda membuka wacana hidup baru dengan domain lain yang produktif.

Ada banyak dari mereka berkolam hanya karena latah. Ketika teman dan tetangga berhasil berkolam. serta merta nimbrung ikut berkolam meski tanpa pengetahuan dasar yang cukup. Banyak dari mereka yang kemudian gagal, dengan investasi yang percuma. Pastikan anda punya pengetahuan cukup ketika memasuki bisnis kolam ikan

Paradigma baru yang dimaksud, karena kita mengajarkan sesuatu yang baru dalam managemen kolam ikan. Problem pokoknya bagaimana membuat ekosistem kolam menjadi ok bagi kebutuhan dasar hidup ikan. Bila ekosistem ok, seperti di kolam alam yaitu sungai, danau, rawa dan laut, angka kematian yang limit, tanpa ganti air dan kebutuhan kosentrat yang turun lebih dari 50 % dibanding pola berkolam biasa.

Model pertanian yang kini lagi in, adalah pertanian organik. Konsep dasarnya adalah memasukkan semua organ sawah yang pernah hidup, kembali ke dalam sawah. Artinya semua limbah di setting sebagai sumber organik (kompos) untuk menyuburkan tanaman. Untuk ini perlu aplikasi mikrobiologi guna mempercepat proses dekomposisi dan fermentasi. Model perikanan yang kita tawarkan adalah identik dengan ini, yaitu mengembangkan genre baru berkolam dalam konsep "PERIKANAN ORGANIK". Kolam juga perlu penambahan bahan organik (kompos) guna merangsang tumbuhnya plankton (makanan alamiah ikan). Semakin banyak pemberian kompos, semakin berkurang kebutuhan kosentrat. Sudah pasti perlu aplikasi mikrobiologi (pemberian probiotik) untuk kolam yaitu dengan penambahan MKA - Bio 3.

Dengan begitu berkolam tidak terpisahkan dari sistem pertanian secara umum. Karena itu peserta latih harus diberi orientasi tentang konsep pertanian terpadu (integrated farming). Mereka mendapat pengetahuan praktis bagaimana mengembangkan pola pertanian organik, membuat ransum pakan ternak, kompos kolam, dll sesuatu yang terkait erat dengan managemen kolam ikan

Key not speker : ~ Dr Sugeng Hariadi, S.Pd


Daftarkan diri anda pada pelatihan yang diselenggarakan LKPS BHAKTI NUSA Jombang,
Penyelenggaraan tiap hari Sabtu - Minggu, kecuali atas permintaan

Tempat pelatihan dimarkas LKPS BHAKTI NUSA d/a Rumah Bersalin & Balai Pengobatan Umum "BHAKTI IBU", Sidokampir Sumobito Jombang, sekitar 1 km dari station KA Curahmalang ke arah Watudakon

Anda berminat ????
Hubungi : MBAK PUR (0321) - 7226149, 7156795, 081230419372
e.mail : bhakti.ibu@telkom.net

Kontribusi peserta
1. Pelatihan sehari (minggu) : Rp. 250.000,- (dua ratus lima puluh ribu rupiah)
2. Pelatihan 2 hari semalam (Sabtu - Minggu) : Rp 500.000 (lima ratus ribu rupiah)

Terhitung Akomodasi + probiotik kolam 1 botol

Materikulasi
Pengantar Diskusi : "Limbah Sawah, Kekuatan Produksi Tanah"
Beternak Berbasis Limbah Sawah, Menghitung Ransum
Pola tanam padi SRI
Teknik Pembuatan Kompos
Managemen Kolam Ikan :"Perikanan Organik"
Praktek Lapangan (membuat kompos & Ransum Ternak)
Kunjungan Lapangan : ke P Junadi : kombinasi Kolam ikan + Penggemukan Sapi
ke P Matosin : kombinasi Kolam ikan + Penggemukan Ayam .
ke P Juned : kombinasi Kolam ikan + peternakan bebek



Tidak ada komentar: